Candi Borobudur, Mahakarya Sejarah dan Salah Satu 7 Keajaiban Dunia

by -11 views
Candi-Borobudur
Candi-Borobudur

eNewsToday.net | Borobudur adalah sebuah candi Budha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Wikipedia

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Mulai dibangun: 750 M

Provinsi: Jawa Tengah

Sistem struktur candi borobudur : piramida berundak dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci

Candi Borobudur merupakan salah satu candi budha terbesar di dunia dan berada di Indonesia. Di negara kita banyak peninggalan yang sifatnya luar biasa, kita harus bangga lho sobat tinggal di Indonesia yang memiliki ragam budaya. Sumber : wikipedia

Dengan artitektur yang megah Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat Candi Borobudur ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia. Sudah ditetapkan langsung oleh UNESCO. Top banget.

WISATA CANDI BOROBUDUR

Berwisata ke Candi Borobudur bisa bermanfaat banyak buat sobat. Selain untuk liburan, sekaligus juga untuk belajar tentang sejarah dan mengagumi betapa hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita jaman dulu.

Kekayaan budaya dan sejarah Candi Borobudur ini sudah di akui dunia, ada baiknya kita mengetahuinya juga ya.

Simak informasi seputar Candi Borobudur dibawah ini ya sobat. Informasi yang kami sajikan tidak hanya info wisata Candi Borobudur saja, tapi juga sejarah dan hal penting lainnya yang perlu kita ketahui. Lanjuttt.

Simak juga: ………….

Penemuan Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur berikutnya memasuki tahap penemuan kembali. Perlu diketahui bahwa Candi Borobudur sempat tersembunyi dan telantar selama berabad-abad. Saat ditemukan Borobudur terkubur di bawah lapisan tanah dan debu vulkanik yang akhirnya ditumbuhi banyak pohon dan semak belukar sehingga Candi Borobudur pada saat itu benar-benar menyerupai bukit.

Sampai saat ini belum ada yang tahu secara pasti kenapa Borobudur ditinggalkan dan dibiarkan tidak terawat. Haduh koq bisa begitu ya… Diperkirakan antara tahun 928 sampai 1006 Masehi ketika Raja Mpu Sindok memindahkan ibu kota kerajaan Medang ke kawasan Jawa Timur karena adanya letusan gunung berapi menjadi faktor kenapa Borobudur ditinggalkan, meski hal ini juga belum pasti.

Dengan masuknya kerajaan Islam di abad ke 15 juga membuat Candi Borobudur kian dilupakan. Walau ada cerita dan legenda Candi Borobudur yang beredar mengenai kejayaan candi ini di masa lampau.

Tahun 1814 Masehi, Candi Borobudur kembali ditemukan lagi. Pada saat itu pulau Jawa ada di bawah pemerintahan Inggris yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles selaku Gubernur Jenderal. Raffles memiliki ketertarikan pada sejarah dan kebudayaan Jawa. Untung masih ada yang peduli ya..

Saat melakukan inspeksi ke Semarang, Raffles mendengar kabar adanya monumen besar yang letaknya tersembunyi di dalam hutan dekat desa Bumisegoro. Ia kemudian mengutus H. C. Cornelius, seorang insinyur Belanda agar menyelidiki keberadaan temuan bangunan besar ini.

Dalam 2 bulan, Cornelius beserta 200 bawahannya menebang pepohonan dan semak belukar yang tumbuh di bukit Borobudur dan membersihkan lapisan tanah yang mengubur candi ini. Ia melaporkan temuan ini dan memberi sketsa Candi Borobudur pada Raffles. Raffles pun dianggap berjasa atas penemuan kembali Candi Borobudur dan mulai menarik perhatian dunia atas keberadaan monumen yang pernah hilang ini.

Hartmann, seorang pejabat pemerintah Hindia Belanda di Keresidenan Kedu meneruskan kerja Cornelius. Pada tahun 1835 Masehi, akhirnya seluruh bagian bangunan candi telah tergali dan bisa terlihat. Pemerintah Hindia Belanda menugaskan F. C. Wilsen, seorang insinyur pejabat Belanda bidang teknik untuk mempelajari monumen ini.

Setelah itu terus dilakukan penelitian terkait Candi Borobudur oleh Pemerintah Hindia Belanda. Borobudur pun kian terkenal sampai seluruh dunia hingga mengundang kolektor candi untuk berkunjung melihat temuan besar ini. Borobudur pun juga sempat menjadi target pencuri artefak candi untuk kemudian dijual mahal ke kolektor candi.

Pada 1882, kepala inspektur artefak budaya menyarankan agar Borobudur dibongkar seluruhnya dan reliefnya dipindahkan ke museum akibat kondisi yang tidak stabil, ketidakpastian dan pencurian yang marak di monumen. Namun seorang arkeolog bernama Groenveldt yang ditunjuk pemerintah menggelar penyelidikan menyeluruh atas situs dan kemudian menyarankan agar bangunan ini dibiarkan utuh dan tidak dibongkar untuk dipindahkan.

Pemugaran Candi Borobudur

Sejarah berdirinya Candi Borobudur berlanjut dengan proses pemugaran. Pada tahun 1900 Masehi, pemerintah Hindia Belanda mengambil langkah menjaga kelestarian monumen ini. Dibentuklah komisi yang terdiri atas tiga pejabat untuk meneliti monumen ini yang terdiri dari seorang sejarawan seni bernama Brandes, seorang insinyur dan tentara Belanda bernama Theodoor van Erp dan insinyur ahli konstruksi bangunan Departemen Pekerjaan Umum bernama Van de Kamer.

Pemugaran Candi Borobudur dilakukan dengan memperhatikan banyak hal. Hal-hal yang dilakukan antara lain adalah perbaikan sistem drainase, pengaturan sudut bangunan, pemindahan batu yang membahayakan, penguatan pagar langkan pertama dan pemugaran beberapa relung, gerbang, stupa dan stupa utama. Banyak juga ya pekerjaan yang harus dilakukan demi menjaga nilai sejarah. Makanya jika sobat lagi wisata jogja mampir ke Candi Borobudur, tolong dijaga ya…

Hal lain yang harus ditambahkan adalah pembuatan pagar halaman candi dan pembersihan kawasan. Proses pemugaran Candi Borobudur dilakukan pada kurun 1907 sampai 1911 Masehi. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah pun beberapa kali melakukan pemugaran meski berskala kecil.

Pada akhir 1960an, pemerintah Indonesia telah mengajukan permintaan kepada masyarakat internasional untuk pemugaran besar-besaran demi melindungi monumen ini. Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan UNESCO mengambil langkah untuk perbaikan menyeluruh candi dalam suatu proyek besar yang dimulai sejak tahun 1975 sampai tahun 1982.

Setelah renovasi, tepatnya pada tahun 1991, UNESCO kemudian memasukkan Candi Borobudur ke dalam daftar Situs Warisan Dunia dan masuk dalam kriteria Budaya. Wuiihh bangganya jadi orang Indonesia.

Nah itulah penjelasan mengenai sejarah singkat Candi Borobudur dan asal usul Candi Borobudur secara lengkap. Saat ini wisata Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi di Indonesia. Candi Borobudur mampu menarik turis lokal dan asing selaku salah satu warisan budaya dunia yang terkenak.

Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

Sejarah berdirinya Candi Borobudur sekitar masa tahun 750 Masehi. Candi Borobudur ini dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, salah satu dinasti besar dan berkuasa yang pernah ada di Nusantara.

Berdasarkan kajian sejarah Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan kerajaan Mataram kuno.

Candi Borobudur ini menjadi pusat perkembangan agama Budha pada saat itu sampai pada akhirnya ditelantarkan. Kemungkinan penyebabnya adalah karena serangkaian letusan gunung Merapi, yang menyebabkan penduduk berpindah ke tempat lain yang lebih aman. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa tempat ini mulai benar-benar ditinggalkan setelah agama islam menyebar ke tanah jawa.

Terlantar, alam pun kembali berkuasa. Candi Borobudur tertutup oleh tanah dan pepohonan hingga benar-benar menyerupai bukit. Walau demikian, mitos cerita tentang candi ini tetap hidup di masyarakat sampai saat ini.

Penemuan Kembali Candi Borobudur

Saat pulau Jawa ada di bawah kendali Inggris, gubernur jendral Thomas Stamford  Raffles pada tahun 1814 menerima kabar tentang adanya bangunan kuno besar di hutan dekat desa Bumisegoro. Raffles akhirnya mengutus HC cornelius, insinyur belanda untuk menyelidiki  penemuan ini.. Hasilnya memastikan adanya bangunan kuno tersebut.

Lihat juga: …………..

Tahun 1975 hingga 1982, proses pemugaran besar-besaran Candi Borobudur berlangsung dengan bantuan UNESCO. Setelah renovasi benar-benar selesai, Candi Borobudur akhirnya masuk ke dalam daftar situs warisan dunia di tahun 1991.

Daya Tarik Wisata Candi Borobudur

Sekarang ini taman wisata Candi Borobudur menjadi tujuan tempat wisata favorit di Jawa Tengah. Tak hanya sebagai tempat wisata, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi kembali menjadi salah satu tempat keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia.

Hal pertama, tentu karena tempatnya. Kemegahan candi ini memang tiada duanya. Jika sobat lihat langsung, akan terasa sekali besarnya bangunan dan keseluruhan area. Rasakan berada di ketinggian, keindahan arsitektur dan alam sekitar candi terasa banget.

Baca juga: ………………

Dua hal yang langsung terlihat saat ke tempat wisata Candi Borobudur; banyaknya relief (ukiran dinding) dan Stupa. Selain indahnya kombinasi kedua hal ini, ternyata makna yang tergandung juga dalam banget.

Struktur bangunan Borobudur dibangun dengan menggunakan gaya mandala. Selain itu juga melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan budha. Candi Borobudur ini berbentuk kotak, memiliki 4 pintu masuk, dan pusat candi yang berbentuk lingkaran.

Ada 3 zona di Candi Borobudur :

Kamadhatu. Berupa 160 relief dinding dengan penjelasan Karmawibhangga Sutra (hukum sebab-akibat). Yang memiliki arti : Melambangkan alam dunia.

Rupadhatu. Terdiri dari ukiran relief dan patung Buddha. Ada kurang lebih 328 patung buddha dengan hiasan relief disini. Yang memiliki arti : Melambangkan alam peralihan, alam dimana manusia terbebas dari urusan dunia.

Arupadhatu. Zona ini adalah zona lingkaran di pusat candi, berupa tiga serambii yang mengarah ke kubah di bagian tengah. Area ini tidak ada hiasan relief. Yang memiliki arti :  menandakan kemurnian tertinggi.

Pengunjung dapat naik ke atas candi. Ada baiknya sambil menikmati keindahan sekitar, kita juga mengenali kekayaan budaya peninggalan yang bernilai tinggi ini ya.

Simak juga: …………………

Sunrise Di Borobudur

Salah satu daya tarik yang diincar wisatawan adalah menikmati sunrise di Candi Borobudur. Panorama sunrise di di puncak candi ini sudah banyak diabadikan dan memang indah banget sobat!

Ngga heran jika banyak wisatawan yang rela datang di pagi buta untuk menikmati sunrise disini.

Lihat juga : ………….

Safari Gajah Borobudur

Safari gajah adalah salah satu aktifitas unik yang bisa sobat lakukan. Tentu sensasinya bakal beda banget bukan?

Jika hanya menunggang gajah, berfoto, atau memberi makan gajah, harganya masih terjangkau.

Selain menunggang gajah dan berselfie, kita juga bisa bersepeda mengitari area, menikmati kuliner dan belanja oleh-oleh, dan bagi keluarga bisa mengitari candi dengan kereta kelinci. Asyik banget hayoo agendakan maen ke Candi Borobudur.

Tiket Masuk Borobudur

Tiket masuk Tempat Wisata Candi Borobudur untuk wisatawan domestik dibagi 3 sebagai berikut;

Tiket Perorangan

Tiket Rombongan

Tiket Paket Terusan

Jalan Menuju Candi Borobudur

Untuk menuju ke tempat wisata Candi Borobudur dari Yogyakarta, sobat pertama harus menuju ke terminal bis Jombor. Dari sana sobat bisa naik langsung bis jurusan borobudur, jangan lupa bilang sama pak sopir turun Borobudur ya… biar kagak kelewat.

Jika sobat dari bandara Adisucipto, bisa langsung menggunakan bis DAMRI langsung tanpa harus ke terminal Jombor terlebih dulu. Ini yang lebih gampang sampai. Rekomended.

Menggunakan kendaraan pribadi dari Yogyakarta, gunakan rute jalan yogya – terminal Jombor – Magelang – pertigaan palbapang – belok kiri ke arah Borobudur. Sampai dech…

Peta

Berikut peta Candi Borobudur yang kami ambil dari google map.

Video

Silahkan lihat juga video berikut ini ya, biar ada tambahan gambaran Candi Borobudur.

Semoga informasi seputar wisata Candi Borobudur dan sejarahnya bisa berguna untuk sobat ya.

Selamat berwisata sobat… have a niceday J

Let There Be Light / YD

eNewsToday.net

About Author: eNewsToday

Gravatar Image
Let there be light... Jadilah Terang | eNewsToday.net didedikasikan sebagai forum referensi dan informasi agar dunia kita menjadi lebih baik. Artikel disini akan diambil dari beberapa sumber yang berkaitan dengan pengembangan diri kita, kegiatan positif tentang bagaimana dapat menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *