#yd-0003 never give up jack ma story

by
#YD-0003 never-give-up-jack-ma-story
#YD-0003 never-give-up-jack-ma-story

Cerita tentang Jack Ma

Jack Ma, salah satu orang berpengaruh yang menginspirasi penulis untuk berbagi cerita. Simak Jack Ma sang pendiri Alibaba yang legendaris dari seorang yang bukan siapa siapa menjadi orang yang menginspirasi orang-orang di seluruh dunia. Inilah cerita tentang Jack Ma.

Jack Ma (Mǎ Yún) lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 10 September 1964. Ayahnya adalah seorang penyanyi opera. Ma kecil, tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris. Setiap pagi pukul lima pagi Ma kecil mengayuh sepedanya ke dekat hotel untuk bertemu dengan orang-orang asing.  Ma menawarkan untuk menemani jalan-jalan mengeliligi kota secara gratis, karena Ma kecil ingin belajar bahasa Inggris. Orang-orang asing memanggilnya dengan sebutan Jack – Jack Ma.

Setelah lulus kuliah, Ma mencoba untuk mendaftar di beberapa universitas. Sayangnya Ma tidak lolos dalam ujian saringan masuk. Singkat cerita Ma masuk kuliah ke Hangzhou Teacher’s Institute (sekarang disebut Hangzhou Normal University) jurusan Bahasa Inggris dan lulus pada tahun 1988. Pada saat di kampus, Ma berhasil menjadi pimpinan mahasiswa. Setelah lulus kuliah, Ma menjadi salah satu pengajar bahasa Inggris dan Perdagangan Internasional di Hangzhou Dianzi University.

Kemudian Ma mendaftar masuk kuliah master di Cheung Kong Graduate School of Business (CKGSB) di Beijing. Beliau berhasil lulus pada tahun 2006. Di dalam karir pekerjaan, Jack Ma juga pernah mendaftar di lebih dari 30 pekerjaan. Berita buruknya Ma ditolak di 30 perusahaan tersebut. Bahkan Beliau juga pernah ditolak di kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya Jack Ma yang ditolak.

Pada tahun 1994, Jack Ma mendengar istilah mengenai internet. Pada awal tahun 1995, Beliau pergi ke Amerika. Temannya menjelaskan mengenai internet dan kata pertama yang dicari oleh Jack Ma adalah bir (beer). Jack Ma sungguh sangat terkejut karena dia tidak menemukan satupun merk bir dari China. Kemudian Beliau bersama temannya membuat sebuah website sederhana yang berisi mengenai informasi mengenai China. Ternyata langkah kecil tersebut mendapatkan respon positif dari beberapa orang China.

Pada titik ini Ma dan istrinya menyadari bahwa internet adalah suatu penawaran yang menarik. Bermodalkan uang sebesar US$ 20.000, Jack Ma dan istri mulai menjalankan perusahaan di bidang internet. Jack Ma menamakan bisnisnya China Yellow Pages.

Dalam waktu tiga tahun, perusahaanya berhasil mencetak keuantungan sebesar 5.000.000 Yuan China (setara dengan US$ 800.000). Pada tahun 1998 sampai dengan 1999, perusahaan Jack Ma bekerja sama dengan perusahaan The China International Electronic Commerce Center, departemen Perdagangan dan Ekonomi.

Karena ketidak cocokan, pada tahun 1999 Jack Ma berhenti dan kembali ke Hanzhou. Pada saat itu, Jack Ma bersama tim mendirikan Alibaba. Website Alibaba adalah sebuah marketplace B2B (bisnis ke bisnis) di China. Jack Ma memulai mendirikan Alibaba dengan modal sebesar 500.000 Yuan China.

 

Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine.

Jack Ma

 

Pada bulan Oktober 1999 sampai dengan Januari 2000, Alibaba berhasil mendapatkan dua kali pendanaan dari luar negeri sebesar US$ 25 juta. Uang hasil pendanaan ini digunakan untuk melakukan perbaikan e-commerce domestic dan membangun platform e-commerce untuk perusahaan UMKM. Hal ini bertujuan untuk menghadapi tantangan era perdagangan terbuka oleh WTO (World Trade Organization).

Sejak tahun 2003, Jack Ma terus mengembangkan Alibaba dengan mendirikan Taobao Marketplace, Alipay, Ali Mama and Lynx. After the rapid rise of Taobao, eBay offered to purchase the company.

Keberhasilan Jack Ma juga tidak lepas dari tangan pendiri Yahoo bernama Jerry Yang. Menurut berita, Jerry menginvestasikan dana sebesar US$1 milliar ke Alibaba. Pada November 2012, volume transaksi Alibaba mencapai lebih dari 1 trilliun Yuan China. Oleh karena itu Ma dikenal mendapat julukan “trillion Hou”, yang berarti “Trillion Yuan Marquis” dalam bahasa China.

Pada bulan September 2014, Alibaba dikabarkan berhasil mendapatkan pendanaan sebesar US$ 25 Milliar pada hajatan penawaran saham perdana (IPO) di New York Stock Exchange. Alibaba menjadi salah satu perusahaan teknologi yang paling bernilai di dunia, setelah keberhasilannya menggelar IPO. Dikabarkan angka US$ 25 Miliar adalah angka IPO terbesar di sepanjang sejarah keuangan Amerika.

Saat ini Jack Ma menjabat sebagai executive chairman dari Alibaba Group, yang mengepalai sembilan anak perusahaan: Alibaba.com, Taobao Marketplace, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, AliExpress.com dan Alipay.

Inilah kisah sukses Jack Ma yang  “ Tidak Pernah Menyerah “  Never Give Up.

Semoga cerita ini menginspirasi pembaca di seluruh dunia untuk selalu berusaha dan berpikir positif menuju hidup yang lebih baik.

 

Sumber :

 

Editor  : MasCan

 

About Author: eNewsToday

Gravatar Image

Let there be light… Jadilah Terang.

Ceritakan dan kirim artikel pengalaman positif Anda seperti (contoh) :
1. cara membuat … dst dst …
2. bagaimana membuat … dst dst …
3. info seputar … dst dst …
4. tempat wisata di … dst dst …
5. resep makanan
6. humor
7. dll

jangan lupa kasih nama pengirimnya ya :-)

kirim ke :
eNewsToday.net@gmail.com

Kami akan tayangkan dihalaman eNewsToday tentu saja setelah melewati tahap review dan edit agar pantas untuk dibaca serta bermanfaat buat semua pembaca diseluruh dunia. God Bless All :-)

Salam Hangat,
eNewsToday.net
/MC

Note :
tanpa mengurangi rasa hormat, penayangan artikel pembaca adalah hak mutlak pengelola eNewsToday dan tidak bisa dipaksakan baik secara langsung atau tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *